Kamis, 10 April 2014

Membersihkan Area Umum

Untuk memudahkan cara pembersihan dan menjaga agar suatu area tetap terjaga kebersihannya maka perlu adanya penjadwalan di dalam pembersihannya. Jadwal pembersihan untuk area umum dapat dibuat daftar seperti berikut.
a. Harian
b. Mingguan
c. Bulanan
d. Tahunan
Departement Housekeeping bertanggung jawab atas kebersihan seluruh area umum termasuk perlengkapan yang ada. Pada umumnya bagian-bagian/area umum di dalam hotel dibagi menjadi beberapa bagian.
a. Internal (bagian dalam)
• Area ruang masuk:
- kantor depan
- pintu masuk
- ruang masuk.
• Lounge/daerah untuk duduk-duduk.
• Koridor/jalan diantara kamar-kamar.
• Lift.
• Tangga.
• Kantor pimpinan.
• Area karyawan.
• Ruang pertemuan:
- ruang untuk pesta; dan
- ruang rapat.
• Kantor untuk aktivitas bisnis.
b. Eksternal (bagian luar)
• Kolam renang:
- pusat kebugaran
- ruang ganti
- area bermain anak-anak
c. Serambi atas
d. Daerah tambahan:

• Ruang istirahat
• Tempat jualan

Area Lobby
a. Jalan masuk/koridor
Jalan masuk atau koridor juga perlu dibersihkan secara teratur agar kebersihan area ini selalu terjaga, karena area ini merupakan area yang selalu ramai dilewati oleh tamu, maka secara otomatis akan
menciptakan image hotel itu sendiri.
Peralatan yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• sapu (broom)
• pengki (dust pan)
• alat pel (mop)
• ember (bucket)
• cleaning cloth
• sponge
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (Floor cleaner)
• Pembersih kaca (Glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (Polisher)
• Pembersih metal (Metalic Cleaner)
Cara pembersihan:
• Menggosok kerak-kerak air dari lantai menggunakan peralatan kering, lap atau busa.
• Lantai disapu, termasuk keset.
• Mengepel lantai.
• Membersihkan kaca-kaca pintu luar dalam, dikerjakan dari atas ke bawah.
• Membersihkan bagian pintu yang bukan kaca, perhatikan dengan teliti bekas sidik jari yang
  menempel dan sekitar pegangan/kunci pintu.
• Poles pegangan dan kunci pintu dengan metal cleaner.
• Bersihkan jejak-jejak dari orang dan binatang.
• Yakinkan bahwa semua keset terhampar lurus dan datar.
• Pemeriksaan akhir (final check), buka setiap pintu yakinkan keseluruhan bersih dan aman.

b. Kantor Depan (Front Office)
Kantor Depan/Front Office adalah bagian yang sangat penting, karena front officeadalah wajah dari hotel itu sendiri, dan dapat dikatakan sebagai jantungnya hotel, untuk itu kebersihan disini sangat diwajibkan untuk dijaga.
Contoh Kantor Depan


Peralatan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini
adalah:
• Lap pembersih (cleaning cloth)
• Sponge
• Alat pembersih debu (dust cloth)
• Alat penyedot debu (vacuum cleaner)
• Sapu (broom)
• Pengki (dust pan)
• Tempat sampah (garbage can).
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner (MPC/GPC)
• Pembersih lantai(floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
Cara pembersihannya adalah:
• Bersihkan asbak yang kotor dan letakkan kembali pada tempat semula, lengkapi korek api.
• Kosongkan sampah, dan letakkan kembali pada tempatnya.
• Bersihkan perlengkapan dan dekorasi pada dinding dari debu.
• Meja depan dibersihkan dari debu dan mengkilatkan permukaan
meja. Kerjakan dari atas ke bawah perhatikan dengan teliti bekas sidik jari, noda dan dari bekas tanda lecet.
• Bersihkan flek-flek pada dinding, periksa noda-noda sekitar saklar dan stop kontak.
• Bersihkan debu-debu dengan vacuum cleanerbagian dalam
meja, lindungi semua bagian yang kena matahari, terutama karpet yang dapat dijangkau termasuk dibawah meja dan kursi gunakan sapu untuk menjangkau bagian-bagian yang susah dan pinggir.

c. Lobby
Lobbyadalah menerupakan bagian dari Kantor Depan/Front Office yang mana bagian ini adalah bagian yang sangat penting, karena front officeadalah wajah dari hotel itu sendiri, dan dapat ikatakan
sebagai jantungnya hotel, untuk itu kebersihan disini sangat diwajibkan untuk dijaga.
Alat pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Peralatan pembersih kaca (glass wipper)
• Sapu (broom)
• Pengki (dust pan)
• Pel (mop)
• Ember (bucket)
• Pembersih serba guna (multi purpuse cleaner)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Kain pembersih (cleaning cloth)
• Spon (sponge)
• Alat pembersih debu (dust cloth)
• Penyedot debu (vacuum cleaner)
• Tempat sampah (garbage bin)
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
Proses Pembersihan:
• Bersihkan asbak yang kotor dan letakkan kembali ke tempatnya.
• Ambil kertas-kertas dan sampah dan laporkan jika ada barangbarang tamu yang tertinggal ke
  penyelia anda.
• Kosongkan tempat sampah, dan letakkan kembali ke tempatnya.
• Bersihkan kaca dan jendela, termasuk kaca diatas meja.
• Bersihkan debu pada perlengkapan dan pesawat telepon.
• Bersihkan tempat minum dan keringkan sekitar tempat minum dan bersihkan juga tombol-
   tombolnya.
• Bersihkan flek-flek di dinding dan perabot yang di dinding.
• Bersihkan debu pada bagian atas dan sisi-sisi pigura lukisan.
• Bersihkan debu-debu pada pegangan tangga.
• Bersihkan lantai kayu dan lantai ubin/marmer dll
• Bersihkan debu pada lantai karpet dengan vacuum cleaner
• Rapihkan perlengkapan mebel termasuk bantal sofa dan kursi.

 d. Lift
Lift perlu mendapat perhatian khusus karena liftmerupakan area yang paling sering digunakan oleh tamu untuk naik dan turun lantai.
Peralatan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Kain pembersih (cleaning cloth)
• Spon (sponge)
• Pembersih serba guna (multi purpose cleaner)
• Alat pembersih kaca (glass wiper)
• Telescopic stic
• Bola lampu
• Vacuum cleaner
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
Proses Pembersihan:
• Keringkan bagian luar dari pintu lift, bersihkan flek dan sidik jari pada tombol luar dan sekitar
  dinding lift.
• Kosongkan dan bersihkan asbak-asbak dan tempat sampah dekat pintu lift.
• Periksa ruang lift, kunci atau tekan tombol pengatur, kemudian liftdiposisikan terbuka.
• Bersihkan debu pada lampu langit-langit lift, ganti bila lampu terbakar atau putus.
• Keringkan bagian yang sering terkena bercak air, pada setiap permukan dinding atau kaca cermin. Mulai dari sudut kanan atas dan dilakukan melintang dan ke bawah.
• Bersihkan dan gosok rel lift.
• Bersihkan pada bagian tombol-tombol pengendali lift sehingga bebas dari noda-noda dan sidik jari
   tangan.
• Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu dan jejak kaki pada karpet.
• Tutup pintu liftdan bersihkan pintu bagian dalam.
e. Ruang Pertemuan/Meeting Room/Ballroom
Di beberapa hotel, karyawan housekeeping akan bertanggung jawab atas pembersihan kursi-kursi, meja-meja, mebel, dinding, dan lantai,setelah penyajian pelayanan makanan selesai peralatan bekas pakai dipindahkan.
Alat pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Kain pembersih (cleaning cloth)
• Spon (sponge)
• Pembersih serba guna (multi purpose cleaner)
• Alat pembersih kaca (glass wiper)
• Telescopic stic
• Bola lampu
• Vacuum cleaner
• Shampooing carpet machine
• Blower
Contoh Ballroom

Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
• Carpet shampoo

Proses Pembersihan
• Kosongkan dan bersihkan asbak-asbak dan tempat sampah dekat pintu lift.

• Pindahkan kursi-kursi dan meja pada saat dibersihkan.
• Bersihkan debu pada lampu langit-langit lift, ganti bila lampu terbakar atau putus.
• Bersihkan dan gosok dengan sponge pada bagian yang sering terkena bercak air dan flek-flek 
  karena  bekas tangan pada setiap permukan dinding.
• Bersihkan pada bagian tombol-tombol lampu sehingga bebas dari noda-noda dan sidik jari tangan.
• Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu dan jejak kaki pada karpet.
• Cucilah karpet pada waktu-waktu tertentu agar carpet tetap bersih dan segar.
• Kontrol kebersihan setiap hari.

f. Area karyawan
Area karyawan adalah area yang dipergunakan khusus oleh karyawan untuk melakukan kegiatan / pekerjaan sehari-hari. Alat pembersih yang  diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Kain pembersih (cleaning cloth)
• Spon (sponge)
• Pembersih serba guna (multi purpose cleaner)
• Alat pembersih kaca (glass wiper)
• Telescopic stic
• Bola lampu
• Vacuum cleaner
• Broom and brush
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)
• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
Proses Pembersihan
• Kosongkan dan bersihkan asbak-asbak dan tempat sampah yang ada di area karyawan.
• Pindahkan barang-barang yang menggangu kegiatan pembersihan.
• Bersihkan debu pada lampu langit-langit lift, ganti bila lampu terbakar atau putus.
• Bersihkan dan gosok dengan spongepada bagian yang sering terkena bercak air dan flek-flek
  karena bekas tangan pada setiap permukan dinding.
• Bersihkan pada bagian tombol-tombol lampu sehingga bebas dari noda-noda dan sidik jari tangan.
• Sikatlah kamar mandi setiap pembersihan agar selalu dalam keadaan bersih.
• Kontrol kebersihan setiap pergantian shift.

g. Kantor/Ruang pimpinan
Ruang pimpinan adalah ruangan yang dipakai oleh para manajemen di suatu hotel, seperti kantor Sumber Daya Manusia,kantor Penjualan dan Pemasaran, kantor GM, Accounting dst. Alat
pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Kain pembersih (cleaning cloth)
• Spon (sponge)
• Pembersih serba guna (multi purpose cleaner)
• Alat pembersih kaca (glass wiper)
• Telescopic stic
• Bola lampu
• Vacuum cleaner
• Shampooing carpet machine
• Blower
Bahan pembersih yang diperlukan dalam menjaga kebersihan ini adalah:
• Multi purpose cleaner(MPC/GPC)
• Pembersih lantai (floor cleaner)
• Pembersih kaca (glass cleaner)

• Pengkilap Kayu (polisher)
• Pembersih metal (metalic cleaner)
• Carpet shampoo
Proses Pembersihan:
• Kosongkan dan bersihkan asbak-asbak dan tempat sampah yang ada di area.
• Bersihkan debu pada lampu langit-langit, ganti bila lampu terbakar atau putus.
• Dustinglahmeja-meja sebelum dilakukan pembersihan berikutnya.
• Bersihkan kaca setiap hari dengan menggunakan glass cleaner.
• Bersihkan dan gosok dengan spongepada bagian yang terkena noda membandel.
• Bersihkan pada setiap permukaan dinding yang terkena flek-flek karena bekas tangan atau noda
   lainnya.
• Bersihkan pada bagian tombol-tombol lampu sehingga bebas dari noda-noda dan sidik jari tangan.
• Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu dan jejak kaki pada karpet.
• Cucilah karpet pada waktu-waktu tertentu agar carpet tetap bersih dan segar.
• Kontrol kebersihan setiap hari
Dari semua pembersihan pada area-area umum yang menjadi tanggung jawabpublic area section, maka setiap area ada format yang harus diisi yang disebut dengan Public area satisfied form(public area check list).

0 komentar:

Posting Komentar