Jumat, 07 Februari 2014

Pengertian Kompetensi



Kompetensi dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk menunjukkan hasil kerjanya sesuai dengan standar yang diperlukan. Pengertian lain menjelaskan kompetensi sebagai kapasitas, kualifikasi atau perilaku yang dibawa seorang pegawai/staf untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan efektif. Australian National Training Board (NTB) menjelaskan karakteristik yang mencerminkan kompetensi seseorang yaitu: 
Competencies bring all these elements of task, skill and knowledge together and add a performance standard. Thus a competency is written in the form of a task to be carried out, the skill required to do it and the standard to which the task must be performed. …… "competencies can be motives, traits, self concepts, attitudes or values, content knowledge, or cognitive or behavioral skill any individual characteristic that can be measured or counted reliably and that can be shown to differentiate significantly between superior arid average performers, or between effective and ineffective performers." (Smith, 1995: 97).
Menurut pengertian yang diutarakan Smith tersebut, kompetensi membawa semua elemen tugas, keterampilan, dan pengetahuan secara bersama-sama.
Kompetensi dapat menjadi motif, sifat-sifat, konsep diri, sikap atau nilai dan beberapa karakteristik yang dapat diukur. Instrumen yang digunakan untuk mengukur atau menguji kompetensi siswa harus mampu membedakan antara siswa yang kompeten dan tidak kompeten. Selanjutnya, Spencer dan Spencer (1993), mengkategorisasikan kompetensi menjadi dua yaitu threshold competencies dan differentiating competencies:
Threshold competencies, these are the essential characteristics (usually knowledge or basic skills, such as the ability to read) that everyone in a job needs to be minimally effective but that do not distinguish superior from average performers. A threshold competency for a salesperson is knowledge of the product or ability to fill out invoice……

Differentiating competencies, these factors distinguish superior form average performers. For example, achievement orientation expressed in a person's setting goals higher than those required by the organization, is a competency that differentiates superior form average salesperson.
Threshold competencies merupakan karakteristik esensial yang diperlukan seseorang untuk dapat bekerja secara efektif. Differentiating competencies menunjukkan jarak antara seorang yang lebih superior dengan rerata kemampuan yang ditunjukkan orang lain.

Hooghiemstra (1992) menjelaskan threshold and differentiating competencies dapat membantu dalam seleksi pegawai, merancang pegawai yang berpotensi sukses, pengembangan pegawai dan penilaian kinerja.
Berdasarkan beberapa definisi kompetensi yang telah dipaparkan di atas mengindikasikan bahwa kompetensi merupakan seperangkat pengetahuan,sikap, keterampilan atau perilaku yang harus dimiliki, dihayati dan dikuasai oleh seseorang supaya dapat melakukan tugas secara profesional. Pekerjaan profesional merupakan pekerjaan yang dihargai karena keahliannya dan dapat menjadi sumber penghasilan seseorang. Orang yang profesional selalu dapat bekerja sesuai dengan standar mutu, kompetensi atau norma tertentu.
Supaya orang dapat bekerja secara profesional maka diperlukan pendidikan dan pelatihan keahlian yang bersertifikat kompetensi. Seseorang yang sudah memiliki banyak kompetensi memberi jaminan untuk dapat bekerja secara profesional.


Jarvis (1983) menyatakan ‘Professional’ as a noun, in opposition to the term ‘amateur’, applies to one who receives emoluments for the performance of his occupational tasks. He is also one who practices a profession and one who is regarded as an ‘expert’ since he has mastery of a specific branch of learning.
Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa seseorang yang bekerja secara profesional berhak menerima pembayaran dari tugas-tugas yang telah dikerjakannya. Untuk dapat bekerja secara profesional, seseorang dituntut agar memiliki keahlian khusus dalam bidangnya.  
Ada banyak indikator yang telah digunakan untuk mengukur seorang pekerja telah/belum memiliki kompetensi kerja yang profesional. Pengembangan indikator kompetensi ini sangat tergantung pada bidang keahlian masingmasing.
Seorang siswa dinyatakan telah mencapai kompetensi atau beberapa kompetensi jika siswa  tersebut dapat menunjukkan dirinya telah memiliki keterampilan khusus pada standar kerja yang tinggi. Apabila siswa telah menunjukkan keterampilan tetapi masih kurang sempurna maka siswa tersebut dinyatakan belum kompeten. Selain itu, siswa yang sudah kompeten
juga akan bekerja secara konsisten sesuai dengan standar kerja yang telah ditetapkan. Dari berbagai pandangan tentang kompetensi di atas, maka semakin jelas bahwa siswa harus dilatih untuk dapat bekerja secara kompeten.   

2 komentar:

  1. Yth
    Bapak Dudung Nuryana

    salam

    Terimakasih banyak atas ullasan akomodasi perhotelan, ijin share

    trimakasih
    salam
    wayan sumiata
    Sales & Marketing
    Kharisma Beach Resort Labuan
    +6287772224282 ( Bbm - 28C26A49 )
    +6285311312494 ( WA )

    BalasHapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.15.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus